MCI, Barometer Pengelolaan Komunikasi Publik Kegiatan Internasional

Briefing MCI
Kadis Kominfotik Provinsi NTB, Najamuddin Amy, saat Media Briefing Media Center Indonesia (MCI), di Hotel Astoria Mataram, pada Rabu (16/3/2022).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.IDKehadiran Media Center Indonesia (MCI) di Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022 menjadi barometer pengelolaan komunikasi publik kegiatan internasional.

‘’Di samping itu, MCI akan memudahkan kerja para jurnalis yang meliput MotoGP di Sirkuit Mandalika,’’ kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kadis Kominfotik) Provinsi NTB, Najamuddin Amy, usai Media Briefing Media Center Indonesia (MCI), di Hotel Astoria Mataram, pada Rabu (16/3/2022).

Menurut Najamuddin, wartawan menjadi garda terdepan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait MotoGP. ‘’Mari kita berkolaborasi dengan memberikan berita yang positif,’’ ujarnya.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Usman Kansong mengimbau fasilitas di MCI harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para jurnalis yang meliput MotoGP 2022.

‘’Sebarkan narasi yang positif terkait MotoGP Mandalika 2022 itu, karena membawa nama Indonesia di tingkat dunia. Gunakan seluruh fasilitas seperti internet yang disiapkan untuk kebutuhan para jurnalis,’’ kata Dirjen IKP Kominfo, Usman Kansong sembari menyatakan, masyarakat Indonesia butuh informasi yang akurat terkait MotoGP 2022, informasi dan narasi yang membangun bangsa.

Hal senada juga disampaikan Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim (IKPM) Ditjen IKP Kominfo, Septriana Tangkary. Septiana menyatakan MCI diharapkan dapat membantu kerja jurnalis dalam menyebarluaskan informasi mengenai rangkaian event MotoGP 2022.

‘’MCI sebagai upaya Kominfo ikut mendukung penyelenggaraan MotoGP di NTB, agar terselenggara dengan baik. Fasilitas itu, didedikasikan khusus bagi rekan-rekan jurnalis Indonesia yang tidak terakomodasi akreditasi oleh Dorna Sports selaku promotor MotoGP,’’ katanya.

MCI berada di lapangan parkir utama yang berdekatan dengan paddock Sirkuit Mandalika. Berdiri di atas lahan seluas 200 meter persegi, MCI akan menjadi fasilitas pendukung bagi para jurnalis peliput MotoGP Mandalika 2022.

‘’Para jurnalis yang akan meliput di MCI wajib mendaftarkan diri kepada Kominfo, Sub Bagian Humas Polda NTB dan Dinas Kominfotik Provinsi NTB. Kami akan siapkan kartu peliputan khusus untuk keperluan di MCI ini,’’ ujarnya.

MCI pun dilengkapi dengan jaringan internet berkecepatan tinggi 100 Mbps. ‘’Ada juga fasilitas makan-minum, 20 unit laptop, mesin pencetak (printer), televisi, dan kursi refleksi. Ruangan MCI juga dilengkapi enam mesin pendingin ruang,’’ ungkapnya.

MCI akan beroperasi mulai pukul 08.00 Wita – 17.00 Wita. ‘’Selama berada di MCI, kami menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, memakai masker, mencuci tangan, dan tidak berkerumun dalam jumlah besar. Kami juga mewajibkan rekan-rekan jurnalis untuk mengikuti tes antigen yang kami sediakan di pintu masuk MCI,’’ jelasnya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *