Gubernur NTB Bersama Ketua IMI Pusat Launching Event MXGP of Indonesia 2022

Launching MXGP
Suasana acara launching event MXGP of Indonesia di Samota Sumbawa 2022, yang berlangsung di Rocket Motor Indonesia, Jakarta, pada Kamis (19/5/2022).

JAKARTA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah bersama Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (Ketum IMI) Pusat, Bambang Soesatyo melaunching event MXGP of Indonesia di Samota Sumbawa 2022, yang berlangsung di Rocket Motor Indonesia, Jakarta, pada Kamis (19/5/2022).

Gubernur menyampaikan apresiasi atas dukungan penuh serta merekomendasi dari IMI Pusat terhadap penyelenggaraan event balapan motocross bergengsi dunia tersebut di Samota Sumbawa.

‘’Terima kasih Pak Ketua MPR sudah melaunching MXGP Samota sebagai MXGP of Indonesia,’’ kata Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah didampingi Komandan Lapangan MXGP of Indonesia di Samota Sumbawa, H Ridwan Syah dan Ketua IMI NTB, dr Lalu Herman Mahaputra.

Menurut Bang Zul, demikian Gubernur NTB ini biasa disapa, event MXGP Samota pada 24-26 Juni 2022 mendatang, dapat mempromosikan potensi yang dimiliki oleh Pulau Sumbawa. Terutama integrasi dari 3 kawasan Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora, yang populer dan cukup eksotik di dunia.

Tidak hanya itu, lanjut Bang Zul, bahwa Sirkuit MXGP Samota Sumbawa ini akan menjadi sirkuit yang permanen untuk terus digelar berbagai kejuaraan dan event lain secara berkelanjutan.

‘’Sehingga akan menjadi daya tarik agar terus mendatangkan pengunjung ke Pulau Sumbawa,’’ ujarnya.

Penyelenggaraan MXGP yang pertama kali di Pulau Sumbawa ini, diyakini Gubernur akan sukses dan lancar. Meski ditemukan adanya kekurangan, namun hal itu dinilai tidak terlalu berarti.

‘’Kami mohon dukungan penuh dari seluruh masyarakat NTB, terutama di Pulau Sumbawa, Pemda Kabupaten/Kota, Pemerintah Pusat dan semua pihak untuk menyukseskan event ini,’’ ajak Bang Zul.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (Ketum IMI) Pusat, Bambang Soesatyo menyatakan siap mendukung penuh gelaran MXGP of Indonesia di Samota Sumbawa. Bamsoet, demikian Bambang Soesatyo biasa disapa, tidak menyangka bahwa kemajuan persiapan event ini cukup baik.

‘’Selangkah lagi kegiatan ini akan terselenggara, kami mendukung penuh Pemprov NTB dan Pemkab Sumbawa sebagai tuan rumah,’’ kata Ketua MPR RI ini.

Bamsoet juga mengaku bahwa kesuksesan penyelenggaraan event MotoGP di Mandalika dan persiapan event MXGP di Samota Sumbawa berdampak positif terhadap minat daerah lain untuk menggelar event otomotif. ‘’Ini efek positif untuk perkembangan dunia otomotif di Indonesia,’’ ujarnya.

Komandan Lapangan MXGP Samota Sumbawa, H Ridwan Syah menambahkan bahwa sejauh ini perkembangan pembangunan Sirkuit MXGP sudah mencapai 25 persen. Beberapa bangunan utama sudah ada seperti tempat star, pedox dan royal box.

‘’Insya Allah pertengahan Juni sudah rampung semua, karena konstruksinya hanya gundukan dari tanah,’’ kata Dae Iwan, demikian sapaan populernya.

Dalam waktu dekat, arena MXGP ini akan ditinjau kembali oleh tim supervisi master trek dari Infron selaku promotor MXGP. Hal ini untuk memastikan persyaratan teknis agar memenuhi standar sirkuit motocross dunia.

Selain itu, saat event berlangsung, berbagai hiburan akan berlangsung. Salah satunya tampilnya band ternama Slank dan atraksi pesawat dari TNI AU.

Dae Iwan juga menyinggung, bahwa tiket akan disediakan 3 kelas, seperti kelas festival yang harga Rp100.000,- hingga kelas VIP dan VVIP yang jutaan rupiah. ‘’Tiket akan dijual awal Juni secara offline dan online bekerjasama dengan salah satu jasa penjualan tiket online yang sudah terkenal,’’ ujarnya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *