Gubernur NTB Bilang Sumbawa Bisa Jadi Pusat Motor Trail Indonesia

Event Cross Country Samota 2022
Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah saat membuka Event Cross Country Samota 2022, di Sirkuit Samota, Kabupaten Sumbawa, pada Minggu (17/7/2022).

SUMBAWA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah mengatakan bahwa dengan adanya Sirkuit Samota di Kabupaten Sumbawa, maka hal ini dapat menjadikan Pulau Sumbawa sebagai pusat Motor Trail di Indonesia.

”Dengan adanya Sirkuit Samota, kita optimis Sumbawa akan menjadi pusat Motor Trail di Indonesia,” kata Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah, pada saat membuka Event Cross Country Samota 2022, di Sirkuit Samota, Kabupaten Sumbawa, pada Minggu (17/7/2022).

Dengan begitu, Bang Zul, demikian Gubernur NTB ini biasa disapa menjelaskan nantinya masyarakat NTB harus bisa memproduksi segala macam aksesoris yang berkaitan dengan motor trail.

”Bisa dimulai dari produksi baju, celana, sepatu trail hingga nanti jauh ke depan masyarakat NTB dapat memproduksi motor trail sendiri. Tentu hal ini berdampak positif bagi ekonomi di daerah Sumbawa,” jelasnya.

Lanjutnya Bang Zul berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa dan stakeholders terkait, agar sirkuit ini tak hanya dijaga tetapi dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin.

”Selain dijaga dan ditumbuhi pepohonan, saya ingin agar Pemkab Sumbawa dapat menjadikan tempat ini menjadi tempat wisata bagi masyarakat Sumbawa bahkan nasional hingga internasional,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah menyatakan kesiapannya untuk menjaga sekaligus memanfaatkan Sirkuit Samota. ”Kami siap menjaga dan memanfaatkannya, kami juga merasakan dampak positif dari kehadiran sirkuit ini dari event MXGP kemarin,” katanya.

Event Cross Country Samota 2022 dirangkai dengan beberapa kegitan di antaranya; Funbike, Trabas Lintas Samota hingga Parade Vespa. Terdapat juga pembagian door prize dengan berbagai macam hadiah yang menarik.

Koordinator Lapangan Cross Country Samota 2022, Jamaluddin mengatakan, dengan hanya persiapan selama satu pekan, setidaknya lebih dari seribu peserta turut serta dalam ketiga kegiatan tersebut.

”Persiapan kami minim, namun kami bisa menghadirkan hingga ribuan peserta dan mereka sangat antusias dengan keberadaan event ini,” katanya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *