Menghadapi Pancaroba, Kadis Kesehatan Lombok Timur Beri Peringatan Dini

H Fathurrahman
Kadis Kesehatan Lotim, H Fathurrahman.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Baru-baru ini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini terkait situasi cuaca ekstrem yang akan dihadapi masyarakat Provinsi NTB beberapa bulan ke ke depan.

Warning BMKG tersebut telah ditindaklanjuti melalui surat edaran oleh Plt Kepala BPBD Lombok Timur, Lalu Mulyadi.

Mencermati hal itu, dikhawatirkan tak hanya akan berdampak terhadap bencana, namun karena ini adalah fenomena tahunan memasuki musim pancaroba, dikhawatirkan mewabahnya berbagai penyakit.

Hal ini menjadi atensi langsung Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur (Dikes Lotim) dengan mengeluarkan peringatan dini sebagai bentuk kewaspadaan untuk menjaga pola hidup sehat.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Lombok Timur, H Fathurrahman kepada wartawan di Selong, pada Rabu (12/10/2022) mengingatkan, sekarang ini dengan kondisi perubahan cuaca yang tak menentu, kadang panas kadang hujan, rentan terjadi beberapa penyakit yang perlu diwaspadai. Antara lain, kata Kadis, diare, demam berdarah, dan juga demam.

Kadis yang juga Pakar Efidemiologi itu menandaskan, dari tiga rentetan penyakit semacam ini, di Lombok Timur penyakit diare yang paling dominan. “Karenanya kami tetap mengingatkan pada masyarakat untuk membersihkan dirinya,” imbaunya.

Selain itu, lanjut H Fathurrahman, ketika masuk menghadapi musim cuaca ekstrem saat ini adalah bagaimana meningkatkan imunitas tubuh. Di samping itu, menjaga kondisi lingkungan juga dianjurkan, di mana memang beberapa penyakit yang ada perantaranya adalah nyamuk yang biasa berkembang biaknya di air yang tergenang.

“Sebenarnya air yang tergenang itu dikuras, minimalnya seminggu sekali, dikarenakan perkembangbiakan dari jentik nyamuk itu adalah 7 hari, jadi kalau satu tempat genangan tidak diapa-apakan itu dia bisa berkembang jentik-jentik itu, dari jentik menjadi nyamuk,” urainya.

Tips sederhana meningkatkan imunitas menurut matan Kabag Kesra Setkab Lombok Timur itu, di antaranya adalah mengkonsumsi makanan yang beragam yakni yang mengandung banyak protein hewani, sayur-sayuran, dan buah.

Selain itu, jangan lupa olah raga atau gerakan fisik lainya serta istirahat yang cukup. “Insya Allah imun tubuh kita akan terjaga dan terhindar dari penyakit semacam itu,” ucapnya.(Kml)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *