Kadis Kesehatan: Tak Masalah Banyak RS-Klinik di Lombok Timur

Fathurrahman
Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Dr H Fathurrahman, S.KM., MM.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Dr H Fathurrahman, S.KM,. MM., menegaskan, semakin banyak RS (Rumah Sakit) atau klinik di wilayah Kabupaten Lombok Timur (Lotim), semakin baik agar masyarakat semakin banyak pilihan.

Pernyataan itu dilontarkan Fathurrahman dalam kesempatan memberikan sambutan pada acara launching Klinik Fakhira milik Hj Rochliana S.Keb di Desa Pematung, Kecamatan Sakra Barat, yang berbatasan dengan Desa Sepit.

Lebih jauh Doktor Ahli Evidemiologi itu mengutarakan, sebuah Rumah Sakit (RS) atau klinik itu bisa menjadi pilihan masyarakat tergantung kualitas pelayanan. Artinya kata dia, semakin baik pelayanan, tentu semakin diminati oleh masyarakat.

Menurut mantan Kabag Kesra Setdakab Lombok Timur itu, tolok ukur kualitas pelayanan yang diinginkan masyarakat berada pada tiga aspek. Di antaranya, Kesembuhan, Kecepatan Penindakan, dan Kesepahaman.

Bagi Fathurrahman, dari ketiga aspek itu jika dijabarkan, masyarakat inginkan kesembuhan, berikut masyarakat ingin secepat mungkin mendapat pelayanan/penindakan, dan memahami karakter masyarakat.

Dicontohkan, bahwa pada saat masyarakat terutama masyarakat pedesaan ketika membawa keluarga sakit ke Rumah Sakit (RS) maupun klinik, cenderung rombongan (ramai-ramai), dan ingin semuanya masuk melihat kerabat yang sakit.

Dalam hal ini kata Fathurrahman, di sinilah para petugas harus memahami kultur, sehingga bisa menghadapi dengan sikap yang arif.

Terakhir Fathurrahman berpesan kepada pihak atau pemilik klinik dengan keberadaannya sedapat mungkin membantu daerah dalam menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Ibu (AKI) melahirkan, di mana Lombok Timur saat ini masih tertinggi AKB dan AKI.(Kml)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *