Anggaran Rp2,5 M, Lombok Timur Menduduki Peringkat 3 Porprov NTB XI

Pengurus KONI Lotim
Pengurus KONI Lombok Timur bersama unsur Dispora Lombok Timur.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Menempati peringkat III raihan medali pada ajang Porprov NTB XI tahun 2023, Pemkab bersama KONI Lombok Timur mengaku cukup puas dengan posisi yang diperoleh.

Hal itu disampaikan Ketua KONI Lombok Timur, HL Makbul Maya pada dialog dengan awak media di Rupatama I Kantor Bupati Lombok Timur, pada Selasa (28/2/2023).

Lalu Makbul menyebutkan, posisi yang diraih Lombok Timur pada laga Porprov tahun ini dapat dikatakan capaian yang sangat signifikan dibanding pada Porprov X tahun 2019 lalu, di mana Lombok Timur menempati posisi 8 dari 10 kabupaten/kota se-Provinsi NTB.

Lalu Makbul mengaku pihaknya diberi anggaran oleh Pemkab Lombok Timur hanya sebesar Rp2,5 miliar. Dari jumlah tersebut lanjutnya, all-in keseluruhan biaya, mulai dari pembinaan atlet, sarana-prasarana atlet, pelatih semua cabor yang diikuti, hingga operasional sampai selama mengikuti Porprov NTB XI.

“Jumlah anggaran yang kami terima nyaris tidak mencukupi, bersyukur kita bisa meraih peringkat 3,” ucapnya.

Menurutnya, dari 35 Cabor yang dipertandingkan, Lombok Timur mengikuti sebanyak 30 cabang olahraga (Cabor). Meskipun Lombok Timur dari sisi potensi SDM jauh lebih besar mengingat penduduk terbesar yakni 1/3 dari penduduk NTB. Faktanya perolehan medali di bawah Kabupaten Dompu dengan penduduk terkecil, dan Kota Mataram peringkat pertama.

Menurut Kepala Bidang Pengembangan Prestasi Olahraga Dinas Dispora Lombok Timur, Dr Mastur, M.Pd mengakui dalam hal pembinaan atlet masih minim fasilitas masing-masing cabor. Banyak cabor yang tidak memiliki sarana penunjang untuk optimalisasi pembinaan.

Selain itu, kata doktor bidang olahraga ini, masih banyak organisasi cabor yang belum terbentuk di Lombok Timur, sehingga cabor yang belum terbentuk tidak bisa diikutkan pada Porprov NTB XI.

Untuk itu, dia berharap kepada semua pihak yang memiliki potensi bidang olahraga tertentu dapat berinisiatif membentuk cabor dan pihak dinas bersama KONI siap memfasilitasi.(Kml)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *