Tim SAR Gabungan Mengevakuasi Puluhan Warga yang Terjebak Banjir di Wilayah Paruga Kota Bima

Banjir
Tim SAR gabungan saat mengevakuasi puluhan warga yang terjebak banjir di wilayah Paruga, Kota Bima.

KOTA BIMA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Beberapa wilayah di Kota Bima dan Kabupaten Bima diterjang banjir setinggi paha orang dewasa, pada Selasa sore (4/4/2023). Banjir ini diakibatkan oleh tingginya intensitas hujan yang terjadi di wilayah Kecamatan Lambitu dan Belo sejak pukul 12.30 Wita, sehingga air sungai meluap dan merendam pemukiman dan area persawahan. Bahkan menjelang malam, debit air makin bertambah.

Kepala Kantor SAR Mataram, Lalu Wahyu Efendi mengatakan, informasi terkait terjadinya banjir tersebut diterima Kantor SAR Mataram dari BPBD Kabupaten Bima. Puluhan warga di Kelurahan Paruga, Kota Bima terjebak banjir. Laporan permintaan evakuasi diterima sekitar pukul 20.40 Wita. “Tim rescue dari Pos SAR Bima kami berangkatkan ke lokasi setelah terima laporan,” kata Wahyu.

Bersama dengan TNI, Polri, BPBD Kota Bima, TSBK, Potensi 204, masyarakat setempat, dan unsur lainnya bahu membahu memberikan bantuan SAR kepada warga yang terdampak. “Total ada 35 orang kami evakuasi,” sebutnya.

Wahyu menambahkan, penyelamatan difokuskan di Paruga, karena di tempat lain sudah ditangani oleh pihak terkait dan warga telah melakukan evakuasi mandiri. Sekitar pukul 22.55 Wita, banjir mulai surut dan warga kembali ke rumah masing-masing.(smr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *