Wagub Sambut Peran Polwan dalam Program Pembangunan Pemprov NTB

Bertukar Cinderamata
Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah (kanan) saat bertukar cinderamata.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (Wagub NTB), Hj Sitti Rohmi Djalillah menyambut positif peran polisi wanita (Polwan) dalam program-program pembangunan yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB.

“Kami menantikan keterlibatan Polwan dalam mendukung program-program yang dicabangkan olrh Pemerintah Provinsi NTB,” kata Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah, saat merespon peserta workshop yang terdiri dari anggota Polwan terkait kemungkinan keterlibatan Polwan dalam program Pemprov NTB, di Hotel Lombok Plaza Mataram, pasa Rabu (12/4/2023).

Ummi Rohmi, demikian Wagub NTB ini biasa disapa menjelaskan, bahwa yang memberikan pemaparan visi misi NTB Gemilang dan program unggulan dalam Sosialisasi dan Workshop Pengarusutamaan Gender di lingkungan Polda NTB, sejak awal Pemprov NTB menyusun program pembangunan yang memberikan ruang bagi keterlibatan perempuan.

Beberapa di antaranya seperti disebutkan Ummi Rohmi adalah Posyandu Keluarga dan Industrialisasi yang sebagian besar digerakkan oleh perempuan di bidang kesehatan maupun UKM dalam pengembangan tenun maupun program unggulan lain. Di sisi lain, Pemprov NTB juga banyak melahirkan regulasi yang mendukung peran perempuan seperti pernikahan dini, perlindungan perempuan dan anak sampai persoalan buruh migran perempuan.

Sementara itu, Brigjen Pol Desy Andriani, selaku SSDM Polri, yang hadir sebagai narasumber mengatakan, peran perempuan dalam pengarusutamaan gender berperan luas di masyarakat. “Selain sebagai Polwan banyak juga anggota polisi wanita di Polda NTB ini yang menjadi Ketua RT sampai Ketua Yayasan Yatim Piatu di tengah-tengah masyarakat kita,” kata Desy Andriani.

Hal ini membuktikan bahwa kesetaraan peran dalam masyarakat juga bergantung pada kecakapan personal. Sehingga Desy Andriani berharap kegiatan ini dapat melahirkan ruang berkiprah lebih luas bagi perempuan, terutama bagi Polwan. Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut yakni Asisten III Setda Provinsi NTB yang juga sebagai Plt Kadis P3AP2KB NTB dan Karo SDM Polda NTB.(smr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *