Ini Pesan Sekda NTB Saat Buka PEDA KTNA di Narmada

PEDA KTNA 2023
Sekda NTB, HL Gita Ariadi saat membuka secara resmi acara PEDA KTNA Tahun 2023, di Narmada Lombok Barat, Senin (5/6/2023).

LOMBOK BARAT, LOMBOKTODAY.CO.ID – Sekda NTB, HL Gita Ariadi membuka secara resmi acara Pelaksanaan Pekan Daerah (PEDA) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Tahun 2023, bertempat di Narmada, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), pada Senin (5/6/2023).

Sekda NTB mengapresiasi kegiatan PEDA KTNA, kegiatan yang sangat baik terlebih dengan tema yang cukup menarik. Miq Gita, demikian Sekda NTB ini biasa disapa mengatakan bahwa secara nasional, NTB selalu nomor satu pada sektor pertanian dalam arti luas. “Kita kenal Pelita, selalu sektor pertanian menjadi lokomotif pembangunan. Demikian juga tahun 2011 ketika diintrodusir menjadi MP3EI (Master Plan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia). Wabil khusus di NTB memiliki ikonik sektor pertanian dan pariwisata,” kata Miq Gita.

Miq Gita menambahkan, pertanian selalu menjadi posisi yang strategis dan menjadi perhatian pemerintah. “Namun sampai saat ini kita masih membutuhkan perjuangan yang kuat untuk bagaimana mampu mensejahterakan masyarakat petani nelayan kita,” ujarnya.

Sektor pertanian, lanjut Miq Gita, ke depan memiliki tantangan bagaimana alih fungsi lahan, kehadiran ancaman bagi lahan lestari, berkurangnya potensi produksi dan lain sebagainya. Sehingga menuntut semua pihak bagaimana mengintensifikasi pertanian tersebut untuk harus terus mampu dilakukan dengan baik. Karenanya, dibutuhkan sinergitas antara Kementerian Pertanian dengan di daerah untuk saling mendukung dalam meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan.

Selanjutnya Sekda NTB melakukan Pelepasan Kontingen Pekan Nasional (PENAS) ke-16, diikuti oleh Perwakilan Kabupaten/Kota se-NTB yang akan diselenggarakan di Padang, Provinsi Sumatera Barat, pada tanggal 10-15 Juni 2023 mendatang. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan NTB, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, serta tamu undangan lainnya.(smr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *