Gubernur Resmikan NTB Mall Jakarta, HIMALO Beri Apresiasi

JAKARTA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah telah meresmikan NTB Mall Jakarta di Wisma NTB atau Kantor Badan Penghubung Daerah Provinsi NTB, yang berlokasi di Jalan Garut No.5 Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa sore (6/6/2023).

Dengan telah diresmikannya NTB Mall Jakarta tersebut, tentu mendapat apresiasi dari berbagai pihak, salah satunya berasal dari Himpunan Masyarakat Lombok (HIMALO).

‘’Alhamdulillah kita beri apresiasi yang tinggi atas diresmikannya NTB Mall Jakarta di Wisma NTB oleh Pak Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah,’’ kata Sekretaris Jenderal Himpunan Masyarakat Lombok (Sekjen HIMALO), Lalu M Suherman Hidayat yang hadir mewakili Ketua Umum (Ketum) HIMALO bersama pengurus HIMALO lainnya pada acara peresmian NTB Mall Jakarta.

Lalu Herman, demikian Sekjen HIMALO ini biasa disapa menjelaskan, dengan adanya NTB Mall Jakarta, tentunya hal ini akan mempermudah bagi masyarakat Lombok Diaspora se-Jabodetabek untuk memperoleh oleh-oleh khas Lombok yang dijual di NTB Mall Jakarta tersebut.

Artinya, bahwa masyarakat Lombok Diaspora se-Jabodetabek kini tidak perlu lagi memesan produk dari Lombok dan menunggu untuk dikirim, karena sekarang sudah tersedia di NTB Mall Jakarta yang berlokasi di Wisma NTB atau Kantor Badan Penghubung Daerah Provinsi NTB, Jalan Garut No.5 Menteng, Jakarta Pusat.

‘’Silaq ngiring yang mau beli makanan atau cemilan serta Tenun khas Lombok, ngiring simpang tipaq Kantor Perwakilan kita di Jakarta. Top Margotop,’’ ujar Lalu Herman.

Peresmian NTB Mall Jakarta ini adalah merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dalam mempromosikan produk lokal daerah, ke seluruh wilayah Indonesia maupun mancanegara.

Kehadiran NTB Mall Jakarta ini adalah untuk mengobati kerinduan masyarakat NTB yang tinggal di Jakarta, di samping itu juga untuk mengenalkan warga Jakarta akan produk-produk lokal daerah NTB.

Peresmian NTB Mall Jakarta didampingi founder sekaligus Ketua Dekranasda NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati, yang sekaligus merupakan Founder NTB Mall.

Turut hadir dalam acara peresmian NTB Mall Jakarta yakni Kepala Dinas Perdagangan NTB, Kepala Dinas Pariwisata NTB, Kepala Badan Penghubung Daerah NTB, Direktur NTB Mall, Ketua DPRD NTB, Ketua Dharmawanita NTB, Forum Mahasiswa Mbojo, Forum Mahasiswa Sumbawa dan Forum Mahasiswa Lombok, serta Sekjen HIMALO bersama pengurus lainnya.

Hadirnya NTB Mall Jakarta ini diharapkan dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi, baik secara nasional maupun internasional.

Adanya MTB Mall Jakarta juga diharapkan UKM NTB turut merasakan dampak positif yang signifikan baik melalui income maupun engagement.

Untuk diketahui, NTB Mall Jakarta diisi oleh aneka ragam produk-produk unggulan UKM asli NTB yang telah melalui tahap kurasi baik dari segi kualitas maupun izin dari setiap produk. Inilah upaya Pemprov NTB dalam mempromosikan daerah kepada dunia. Terlebih NTB menyimpan banyak potensi yang luar biasa.

Potensi yang dimiliki NTB ini selain dengan destinasi wisata yang bertebaran di seluruh kabupaten/kota, juga menyimpan banyak kekayaan alam yang dapat diolah menjadi berbagai macam kebutuhan.

Di samping itu, kearifan lokal serta budaya dan adat istiadat yang beragam, masih dipertahankan oleh masyarakat. Dengan peresmian NTB Mall Jakarta ini, diharapkan masyarakat luas mengetahui dan juga dapat menikmati aneka kuliner khas NTB, di samping produk-produk lokal lainnya.

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah dalam kesempatan tersebut mengatakan, pembukaan NTB Mall Jakarta ini merupakan sejarah baru bagi NTB. Di mana, produk-produk NTB seperti produk tenun, kuliner khas NTB sudah bisa dihadirkan langsung di ibukota Jakarta. Sehingga siapapun yang ingin mencari kebutuhan yang berkaitan dengan NTB, dapat mengunjungi store NTB Mall di Wisma NTB Jakarta.

‘’Semua yang khas dari NTB bisa dibeli di sini dengan harga yang kompetitif. Harapannya bisa menggairahkan UMKM kita di NTB,’’ kata Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah.

Sementara itu, Founder NTB Mall, Hj Niken Saptarini Widyawati mengharapkan, pembukaan NTB Mall Jakarta bisa sukses membawa kebaikan bagi UMKM NTB dan tentunya bagi daerah NTB secara umum.

Direktur NTB Mall, Indah Purwanti menambahkan, produk-produk lokal NTB sudah bisa diakses secara langsung di Jakarta oleh wisatawan ataupun masyarakat sekitar yang tidak bisa ke NTB, dengan hadirnya NTB Mall Jakarta.

Artinya, dengan NTB Mall Jakarta ini, maka pemasaran produk lokal NTB bisa semakin meluas. Tidak terbatas pada kunjungan wisatawan ke NTB, tapi juga masyarakat ibukota sebagai pusat bertemunya seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan dari berbagai wilayah di Indonesia.

Indah Purwanti menjelaskan, NTB Mall Jakarta mengincar pasar utama adalah ASN-ASN atau perwakilan daerah NTB yang melakukan kegiatan di Jakarta. ‘’Kini masyarakat NTB yang tinggal di Jakarta ataupun warga sekitar yang ingin mencari oleh-oleh khas NTB, dan instansi di NTB ingin bawa oleh-oleh ke kantor pusat, tidak perlu repot-repot bawa dari NTB karena sudah ada di Jakarta,’’ jelasnya.

Sehingga jargon NTB Gemilang sebagai spirit membangun daerah menjadi semakin nyata. Selamat atas peresmian NTB Mall Jakarta, semoga sukses dan semakin Gemilang.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *