Pohon Kayu Terpanjang di Indonesia Tumbang, Polsek Keruak Sigap Kendalikan Situasi TKP

Pohon Kayu Tumbang
Ini pohon kayu yang diperkirakan terpanjang di Indonesia yang tumbang, pada Jumat malam (8/3/2024).

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pohon kayu yang diperkirakan terpanjang di Indonesia tumbang menutupi jalan raya di kawasan Gerumpung, Desa Sepit, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Peristiwa terjadi pada Jumat malam (8/3/2024) sekitar pukul 23.00 Wita.

Disebut bahwa pohon terpanjang di dunia karena kayu jenis trembesi berdiameter 1 meter lebih tersebut, panjangnya hingga melintasi dua kecamatan yakni pangkal kayu berada di pinggir barat jalan masih wilayah Kecamatan Keruak, sedangkan ujung (dahan kayu) melewati sebelah timur jalan sudah masuk wilayah Kecamatan Sakra Barat.

Karena posisi kayu melintang di jalan hingga membuat kendaraan tidak bisa melintas. Namun, khusus kendaraan roda dua bisa melintas dengan cara digeret sambil membungkuk melewati bawah batang kayu yang kebetulan pangkal kayu melengkung ke atas berbentuk gelungan seukuran tingginya jenis kendaraan roda dua.

Wartawan Lomboktoday.co.id tiba di TKP (tempat kejadian perkara), berinisiatif menghubungi Kapolsek Keruak, AKP Mastar melalui sambungan telephone. Tak lama kemudian, puluhan anggota Polsek tiba dan langsung mengamankan TKP dengan mengendalikan arus lalu lintas.

Tak hanya itu, Babinkamtibmas Desa Sepit, AIPTU Bul Akmal bersama rekannya bertindak mencari mesin pemotong kayu (Senso). Beruntung secara kebetulan ada warga Gerumpung berprofesi sebagai tukang Senso yang rumahnya dekat dengan TKP.

Dibantu puluhan personel polisi, tukang Senso langsung memotong kayu tersebut. Sekitar 1 jam, seluruh batang kayu tuntas dipotong dan situasi jalan kembali normal seperti biasa.(Kml)