Klinik Pratama Fakhira Lotim Wakili NTB di Tingkat Nasional

dr Ruri Mutia Ichwan
Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana BKKBN Pusat, dr Ruri Mutia Ichwan, M.KM (kiri) selaku Ketua Tim Verifikasi saat melihat langsung kondisi di dalam klinik.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Sangat membanggakan, Klinik Pratama Fakhira Lombok Timur (Lotim) yang berada di Dusun Montong Cope, Desa Pematung, Kecamatan Sakra Barat (Sakbar) berhasil mewakili Provinsi NTB pada ajang lomba Apresiasi Klinik Swasta tingkat nasional dalam kategori klinik swasta penyelenggara pelayanan Keluarga Berencana (KB).

Klinik milik Bidan Hj Rochliana, S.Keb itu telah didatangi langsung oleh tim penilai dari BKKBN Pusat, pada Senin (13/5/2024). Rombongan yang berjumlah tiga orang tersebut dipimpin ketua tim penilai dari bagian Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana, BKKBN Pusat, dr Ruri Mutia Ichwan, M.KM. Turut hadir Kepala Perwakilan BKKBN NTB, Dr HL Ma’rifuddin, M.Si serta Kepala Dinas (Kadis) P3AKB Lombok Timur (Lotim), H Ahmad, S.KM.

Dalam kata penerimaannya, Kadis DP3AKB Lombok Timur, H Ahmad, S.KM memaparkan profil Kabupaten Lombok Timur termasuk menguraikan kemajuan program-program yang telah dicapainya di lingkup DP3AKB terutama dalam hal pelayanan KB.

‘’Tanpa kecuali, semua klinik swasta di Lombok Timur yang memenuhi kriteria kami libatkan sebagai penyelenggara pelayanan KB. Salah satunya adalah klinik Pratama Fakhira yang berada di antara dua desa yakni Desa Pematung dan Desa Sepit, serta mengcover dua kecamatan yakni Kecamatan Sakra Barat (Sakbar) dan Kecamatan Keruak,’’ kata Kadis DP3AKB Lotim, H Ahmad.

H Ahmad menambahkan, keberadaan Klinik Pratama Fakhira ini meskipun baru dua tahun beroperasi, namun kualitas pelayanannya tidak diragukan, sehingga layak menjadi klinik swasta penyelenggara pelayanan KB terbaik di Lombok Timur tahun 2024 ini. ‘’Bahkan menjadi klinik nominator terbaik NTB,’’ sebutnya.

Sementara itu, Ketua Tim Verifikasi dari BKKBN Pusat, dr Ruri Mutia Ichwan, M.KM dalam sambutannya menjelaskan bahwa dalam rangka peningkatan pelayanan KB, pihaknya dari BKKBN melibatkan klinik swasta yang kini semakin banyak tumbuh di tiap daerah.

‘’Jadi, penilaian ini tidak lain dalam rangka meningkatkan kualitas dan kualifikasi klinik swasta dalam keterlibatannya sebagai penyelenggara pelayanan KB menyangkut kesadaran aktif masyarakat sebagai akseptor KB sehingga akan tumbuh keluarga sejahtera,’’ terang Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana BKKBN Pusat itu.

Dokter Ruri Mutia menambahkan, melihat kondisi riil Klinik Pratama Fakhira ini, dia menyebutkan layak menjadi nominator. Bahkan, ibu paruh baya itu dengan yakin mengatakan, juara tiga sudah digenggaman. Artinya, Klinik Pratama Fakhira dipastikan masuk tiga besar nasional. ‘’Soal apakah bisa juara 1 atau 2 tentunya setelah melihat kondisi persaingan di provinsi lain,’’ ucapnya.

Usai memantau langsung situasi di dalam klinik, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTB, HL Ma’rifuddin kepada Lomboktoday.co.id menerangkan, setelah pihaknya melakukan verifikasi pada 10 kabupaten/kota, ternyata klinik yang bernaung di bawah Yayasan Cahaya Insan Fakhira tersebut berhasil keluar sebagai klinik swasta terbaik se-NTB dalam penyelenggaraan pelayanan KB.

‘’Dari hasil verifikasi yang kami laksanakan tahun 2024 ini, dari 10 kabupaten/kota ternyata Kabupaten Lombok Timur yang terbaik pertama diwakili oleh Klinik Pratama Fakhira yang kemudian kami ajukan ke Jakarta untuk mewakili Provinsi NTB. Setelah pihak pusat mempelajari dokumen tentang klinik ini, hari inilah tim pusat turun langsung memverifikasi. Mudah-mudahan berhasil terbaik nasional,’’ harapnya.(Kml)