15 Perguruan Silat Ikuti Kejurcab Lotim

2 minutes reading
Sunday, 10 Feb 2013 14:40 0 1404 Abdul Rasyid Zaenal
BERTANDING: Dua pesilat sedang bertanding pada Kejurcab Silat Lotim.

BERTANDING: Dua pesilat sedang bertanding pada Kejurcab Silat Lotim.

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Sebanyak 15 perguruan pencak silat mengikuti Kejuaraan Pencak Silat Cabang (Kejurcab) Lotim, di Sport Hall GOR Selaparang, Selong, 09-13 Februari 2013.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Lotim itu, dibuka langsung Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy, dan dihadiri jajaran pengurus Pengda IPSI Lotim dan NTB, serta para pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Lotim, Sabtu (09/2).

Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy mengatakan, melalui kejuaran pencak silat seperti ini, diharapkan akan lahir atlet pencak silat yang memiliki prestasi yang bisa mengharumkan nama baik daerah Lotim. Baik itu dalam kegiatan nasional maupun international. Apalagi, Kabupaten Lotim memiliki banyak atlet yang bisa diandalkan kedepannya, sehingga perlu dilakukan pembinaan yang kontinue untuk bisa menjadi atlet silat yang profesional dan memiliki jam terbang tinggi dalam bertanding.

‘’Kalah menang dalam sebuah pertandingan, adalah hal yang biasa terjadi. Tapi, yang paling penting adalah bagaimana menjunjung tinggi semangat sportivitas dalam bertanding, dengan mengedepankan persaudaraan dan silaturrahmi. Dan Pemkab Lotim tetap memberikan prioritas dalam pembinaan olahraga secara menyeluruh,’’ katanya.

Sementara itu, Sekretaris Pengcab IPSI Lotim, Said Khalid mengatakan, kegiatan Kejurcab ini diikuti oleh 15 perguruan silat di Lotim, dengan jumlah peserta sebanyak 202 orang.

‘’Para juara di masing-masing kelas yang dipertandingkan pada Kejurcab Silat ini, nanti akan mewakili Lotim pada Kejurda Silat tingkat Propinsi yang dipusatkan di Kabupaten Sumbawa,’’ katanya.

Said Khalid menjelaskan, kelas yang paling minim regenerasi adalah kelah berat, karena hingga saat ini Pengprop IPSI NTB belum menemukan pengganti I Komang Wahyu. Dimana, Wahyu adalah atlet silat NTB yang berhasil meraih medali emas di Sea Games.

Sementara Pengcab IPSI Lotim paling aktif di NTB, tidak hanya sebatas urusan regenerasi atlet semata, melainkan IPSI Lotim tercatat paling sering mengadakan event.

‘’Selain Kejurcab ini, IPSI Lotim juga sudah membuat event kejuaraan silat antar pondok pesantren (Ponpes),’’ ungkapnya.(sr)

 

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA