Sepekan Jelang Berakhir, Bupati Lotim Terima Bantuan Gerobak Sayur dan Cilok

Bupati Sukiman Terima Bantuan Gerobak
Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy (kanan) saat menerima secara simbolis bantuan gerobak untuk UMKM di Lombok Timur dari Bank Indonesia (BI) dan dari dana CSR PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Di sisa masa hidmadnya yang tingggal sepekan, Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Sukiman Azmy menerima bantuan gerobak dorong sayur dan cilok dari program sosial Bank Indonesia (BI) dan dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk.

Bantuan gerobak yang terdiri dari 4 unit gerobak sayur dan 20 unit gerobak cilok tersebut, bukan bantuan sebagai alat usaha Sukiman Azmy pasca tidak menjabat sebagai bupati lagi, melainkan langsung disalurkan kepada para pelaku UMKM di Bumi Patuh Karya. Acara serah terima berlangsung pada Selasa (19/9/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sukiman menyampaikan terima kasih kepada kedua pihak yang telah membantu pelaku UMKM Lombok Timur melalui bantuan gerobak dorong tersebut. Dia menilai kiprah BI sangat luar biasa dalam membangkitkan ekonomi masyarakat Lombok Timur.

Tak hanya itu, BI juga sudah banyak membantu melalui pembinaan tenun di Pringgasela dan di Kembang Kerang, juga industri pengolahan ikan di Labuhan Lombok dan Tanjung Luar, termasuk intervensi BI guna menjaga stabilitas ekonomi dengan penanaman cabai, pembuatan pupuk dan pakan ternak organik serta berbagai kegiatan lainnya.

Selain mengapresiasi dukungan BI, Bupati Sukiman juga menyampaikan apresiasinya terhadap pihak PT Sumber Alfaria yang untuk kesekian kalinya memberikan dukungan bagi UMKM. Dukungan dimaksud berupa kemitraan dengan menyediakan tempat berjualan di area toko ataupun memasarkan produknya di dalam toko.

Pemda sendiri, ungkap Bupati Sukiman, akan memberikan bantuan permodalan kepada 24 orang pelaku UMKM penerima bantuan, masing-masing senilai Rp1.000.000,- melaui PT Selaparang Finansial. Hal itu, dijelasakannya sebagai bagian dari upaya meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Tentunya sebagai bentuk ikhtiar Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dalam rangka membangkitkan gairah perekonomian setelah diterpa Covid-19 beberapa waktu yang lalu,” ungkapnya.

Karenanya, ia berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan optimal. “Agar penghasilan kita mejadi lebih baik untuk masa depan, terutama sekali anak-anak kita,” tegasnya.

Deputi Bidang Moneter Kantor Perwakilan BI Provinsi NTB, Achmad Fauzi dalam sambutannya berharap kerja sama antara Bank Indonesia (BI) dan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur di beberapa klaster berjalan baik dan terus meningkat ke depan, untuk perekonomian yang lebih baik.

Harapan yang sama juga diungkap Branch Manager PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk, Muhson. Dukungan yang diberikan adalah upaya turut mengembangkan UMKM di Lombok Timur agar dapat tumbuh bersama.(Kml)