Bupati Sukiman Pulang Kampung Ikut ‘’Tujak Ragi Beleq’’

Tujak Ragi Beleq
Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy saat ikut ‘’Tujak Ragi Beleq’’.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Untuk tahun ke-IV even seni budaya ‘’Batur Rumbuk’’ digelar. Even yang dimulai pertama kali sejak tahun pertama pada 2019 lalu itu, dibuka secara resmi Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Sukiman Azmy, di Masjid Jami’ Al-Wasilah Rumbuk, Kamis (24/8/2023).

Prosesi acara diawali dengan penyambutan ‘’Tamu Tanak Gadang Pringgasela’’, Bupati Lotim, Kapolres Lotim, dan sejumlah pimpinan OPD selanjutnya turut mempersiapkan bumbu yang akan digunakan dalam acara ‘’Adat Tujak Ragi Beleq’’.

Bupati Sukiman dan sejumlah undangan tampak mengupas bawang merah yang telah disediakan dan selanjutnya menumbuknya bersama beragam bumbu lain yang telah dipersiapkan dalam sebuah lesung itu.

‘’Tujak Ragi Beleq’’, ungkap Bupati Sukiman sebelum membuka secara resmi kegiatan tersebut, mengandung filosofi koordinasi dan kebersamaan. ‘’Segala sesuatu kalau sendirian akan sulit terlaksana, akan tetapi bila dikoordinasikan dan dilakukan bersama akan meringankan dan lebih baik,’’ terangnya.

Karena itu, Bupati Sukiman mengapresiasi kegiatan ini sebagai bagian dari agenda tahunan ‘’Batur Rumbuk’’, desa kelahirannya seraya mengajak untuk menyukseskannya bersama. ‘’Mari laksanakan sebaik-baiknya bersama,’’ ucapnya.

Bupati Sukiman juga mengapresiasi kerja semua pihak yang berkontribusi untuk keberlangsungan even yang diagendakan akan berlangsung hingga Ahad (27/8/2023) tersebut. Tidak hanya pemuda Rumbuk, melainkan juga pemuda dan masyarakat lain yang memiliki ikatan kultur dan akar yang sama yaitu Pringgasela dan Temanjor.

Berharap berlangsung lancar dan mendatangkan keberkahan, Bupati Sukiman juga mengingatkan penyelanggaraan even tersebut agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat lainnya. Selain sejumlah acara adat, kegiatan ini juga diisi bazaar, hiburan, hingga kegiatan sosial seperti sunatan masal, dan berbagai lomba.(Kml)