Tuesday, 13 June 2017

Penerimaan Calon Siswa Baru SMA Akan Gunakan Sistem Zonasi

LOTENG, LOMBOKTODAY.CO.ID – Memasuki awal tahun pelajaran baru 2017/2018, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah akan menerapkan sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru bagi SMA di wilayah Lombok Tengah. ‘’Penerimaan siswa baru tahun ajaran 2017 ini direncanakan menggunakan sistem zonasi,’’ kata Ketua MKKS SMA Lombok Tengah, Khadian kepada wartawan di kantornya, Selasa (13/6).

AMBIL FORMULIR PENDAFTARAN: Terlihat puluhan orang calon siswa baru saat mengambil formulir pendaftaran di SMA Negeri 4 Praya. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

Tujuan dilaksanakan penerimaan siswa baru dengan sistem zonasi ini, agar dalam peneriman siswa baru di semua sekolah swasta dan negeri yang ada di wilayah Lombok Tengah bisa merata. Dan tidak ada lagi terdengar sekolah yang kekurangan jumlah muridnya. Tapi, bagi calon siswa baru yang ingin sekolah di luar zonasi wilayahnya, mereka bisa mendaftar melalui jalur prestasi. Dan mereka harus melalui tahapan tes. ‘’Bagi calon siswa baru yang mendaftar sesuai zonasi, mereka tidak perlu lagi untuk mengikuti tes,’’ ungkapnya.

Sementara itu, untuk jadual penerimaan siswa baru akan dibuka pada 3-5 Juli 2017 mendatang. Sesuai aturan baru, bagi calon siswa baru yang termasuk dalam siswa prasejahtera, mereka bisa masuk sekolah di SMA favorit tanpa biaya sekolah atau gratis. Tapi, bagi calon siswa baru yang masuk melalui jalur prestasi, sudah ada ketentuan biaya penyelenggaraan pendidikan (BPP). ‘’Besaran BPP tahun ini bagi SMA Rp150 ribu, dan SMK Rp200 ribu,’’ ujarnya.(ROS)

Kirim Komentar

Tinggalkan Balasan