Bupati Sukiman Azmy Ingatkan 10 Wasiat Pendiri NU

Suasana acara pelantikan PCNU Lombok Timur masa Khidmat 2019-2024, yang dirangkaikan dengan halal bi halal dan pengajian umum, di Ballroom lantai II Kantor Bupati Lombok Timur, Sabtu (22/6).

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy berharap PCNU Kabupaten Lombok Timur bisa bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dalam upaya melaksanakan visi 10 program pokok perjuangan NU.

Demikian disampaikan Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy dalam sambutannya pada acara pelantikan PCNU Lombok Timur masa Khidmat 2019-2024, yang dirangkaikan dengan halal bi halal dan pengajian umum, di Ballroom lantai II Kantor Bupati Lombok Timur, Sabtu (22/6).

Sebelum acara pelantikan dibacakan surat Keputusan PBNU Nomor: 339/4.II.04.D/04/2019 tentang Pengesahan PCNU Lombok Timur masa Khidmat 2019-2024 oleh Rais Syuriah PBNU NTB, Lalu Aksa.

Hadir pada acara tersebut, Kapolres Lombok Timur, AKBP Ida Bagus Winarta S.Ik; Dandim 1615/Lotim, Letkol Inf Agus Donny Prihanto; Wakil Sekjen PBNU, KH Imam Fituduh; Rais Syuriah PWNU Wilayah NTB L Aksan; Rais Syuriah PCNU Lotim, TGH Baharudin, NBI, para Rais Syuriah Cabang se-NTB; Ketua Tanfidziah PCNU Lotim, Ustad Marwan Hakim; Ketua Tanfidziah Cabang se-NTB dan para Tuan Guru serta warga Nahdliyin.

Lebih lanjut  Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy mengucapkan selamat kepada pengurus PCNU Lombok Timur yang telah dilantik, dan berharap kepada pengurus yang telah dilantik agar bisa menjalankan tugasnya lebih baik dan sempurna ke depannya.

Dalam meningkatkan tugasnya, para pengurus PCNU Cabang Lombok Timur, Sukiman mengingatkan isi sebuah buku yang berjudul ‘’Mukaddimah Forum Asasi Nahdlatul Ulama’’ yang dikarang oleh Ismul Akbar Abdul Syaikh Kyai H Hasyim Aas’ari yang berisi penjelasan 10 program perjuangan NU yakni: Membina masyarakat yang bertaqwa kepada Allah SWT tanpa paksaan dalam bentuk apapun, mengamalkan pelaksanaan UUD 1945 dan mengamalkan pancasila seluruh rakyat Pemerintah beserta aparat-aparatnya, mempertahankan tegaknya RI, meningkatkan peran rakyat, berjuang untuk dilaksanakannya politik luar negeri yang bebas dan aktif.

Selain itu, menjadikan desa sebagai basis pembangunan Nasional dan mengusahakan meluasnya lapangan kerja bagi para pemuda, membantu meningkatkan ekonomi rakyat dan koperasi khususnya bagi kaum nelayan, petani dan pengusaha kecil, berjuang menentang kemelaratan dan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan keluarga, keluarga buruh, pegawai negeri, keluarga prajurit tentara dan kepolisian RI, melindungi hak wanita dan menolong kemajuan-kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

Selanjutnya, ia menjelaskan bagaimana upaya para pengurus seoptimal mungkin untuk melaksanakan visi 10 program pokok yang telah ditanamkan oleh Ismul Akbar Abdul Syaikh Kyai H Hasyim Aas’ari pada tahun 1926. Dalam perumusan yang simpel terbagi dalam 3 bagian yakni,  aspek  pendidikan, da’wah dan sosial kemasyarakatan. Untuk itu, 10 program yang ada tersebut, dengan 3 bidang itu dapat disatukan.

Terakhir Bupati Sukiman melihat unsur pengurus yang baru merupakan unsur yang lengkap, di mana adanya semua unsur di dalamnya sehingga Pemda Lotim dapat berkolaborasi dalam upaya membangun Lombok Timur ke depan.

Sementara itu, Ketua Panitia M Subiardi dalam laporannya menyampaikan, rangkaian kegiatan dan tahapan-tahapan mulai dari pra persiapan telah dilaksanakan seperti gema sholawat Nabi Muhammad SAW bersama Habib Haddat Alwi Assegaf di beberapa pondok pesantren.

Dengan tema ‘meneguhkan ukhuwah Islamiyah dalam berbangsa dan bernegara’, diharapkan kehidupan umat Islam dapat menjadi Rahmatan Lilalamin bagi seluruh umat manusia.

Dan berharap semoga dengan penyelenggaraan acara ‘Pengajian Umum dan Halal Bihalal warga nahdliyin Lombok Timur dalam rangka Pelantikan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lombok Timur Masa Khidmat 2019-2024’ mendapat barokah dan Ridho dari Allah SWT dan semoga para PCNU Lombok Timur yang dilantik sejumlah 89 orang, nantinya bisa menjalankan roda organisasi sebagaimana mestinya. (Kml/Humas?Adv)

Kirim Komentar

Leave a Reply