Kampung Sehat Desa Karang Dima Siapkan ‘’Bale Pasatotang’’ Selesaikan Masalah Warga

Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra saat mendatangi langsung Bale Pasatotang.

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

SUMBAWA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Terkait adanya lomba Kampung Sehat NTB, keberadaan ‘’Bale Pasatotang’’ di Dusun Batu Nisung, Desa Karang Dima, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, memiliki peran yang sangat luas dalam memediasi berbagai persoalan warga, sekaligus difungsikan sebagai tempat memberikan pelayanan kesehatan. Terlebih selama Pandemi Covid-19, Bale Pasatotang Notang No Putis benar-benar menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

Hal ini dibuktikan pada saat Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra, S.IK mendatangi langsung Bale Pasatotang tersebut dengan didampingi Kasat Binmas dan Babinkamtibmas, Babinsa, serta Kades Karang Dima.

Menurut Kapolres, sejak didirikan pada 2016 lalu, bersamaan dengan program Kampung KB, keberadaan Bale Pasatotang Dusun Batu Nisung telah memberikan peran yang cukup banyak, terutama di bidang keamanan dalam memediasi persoalan warga, serta berperan aktif dalam memberikan kesehatan warga. ‘’Selama Pandemi Covid-19, para pengurus Bale Pasatotang ini menekankan protokol Covid-19 kepada warga setempat. Di samping itu, Bale Pasatotang yang juga difungsikan sebagai Posyandu dusun setempat,’’ kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan, Bale Pasatotang ini lebih dominan digunakan untuk menyelesaikan persoalan kemasyarakatan yang diawaki Babinkamtibmas, Babinsa dan Kades. Di samping persoalan keamanan desa, juga digunakan untuk pelayanan Posyandu ibu hamil, balita, dan anak-anak. ‘’Warga bisa berkonsultasi tentang kesehatan keluarga dan KB, termasuk penerapan ketahanan pangan dengan memanfaatkan pekarangan untuk ditanami tanaman sayur-sayuran dan hortikultura, beternak unggas, serta budidaya ikan,’’ ujarnya.

Selama Pandemi Covid-19, lanjut Kapolres, Bale Pasatotang berperan aktif untuk menerapkan protokol Covid-19 kepada masyarakat, seperti perilaku mencuci tangan, menggunakan masker, serta jaga jarak.(Sid/hmspoldantb)

Kirim Komentar

Leave a Reply