Tanpa Anggaran, Pemcam Keruak Sukses Selenggarakan MTQ

Penutupan MTQ
Camat Keruak, Lalu Kamarudin saat memberikan sambutan pada acara penutupan MTQ ke-XXIX tingkat Kecamatan Keruak tahun 2021.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXIX tingkat Kecamatan Keruak tahun 2021 berjalan sukses, meskipun Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Keruak tidak mengalokasikan anggaran secara khusus. Demikian pernyataan Camat Keruak, Lalu Kamaruddin kepada Lomboktoday.co.id, di sela-sela penutupan kegiatan MTQ, pada Sabtu (28/8).

Menurut Camat, antusiasme peserta mengikuti MTQ sangat besar. Hal itu terbukti dari jumlah peserta yang mendaftar di pihak panitia sebanyak 110 peserta dengan rincian; untuk mata lomba Tartil 29 orang (anak – dewasa), Fahmil Qur’an dan Sahril Quran @1 regu (3 orang/regu), Hafiz dari 1 juz – 10 juz 63 orang, Khot & Qiraat 6 orang, Tafsir (Bahasa Arab, Indonesia, Inggris) 5 orang dan M21Q 1 orang.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Kantor Camat Keruak ini, Pemcam Keruak melibatkan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kecamatan sebagai penyelenggara tekhnis. Dengan peserta dari seluruh desa di wilayah Kecamatan Keruak. Ajang adu ketangkasan melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an ini, dijadwalkan berlangsung sejak tanggal 25 hingga 27 Agustus 2021. Namun, karena banyaknya jumlah peserta akhirnya diperpanjang 1 hari sehingga ditutup tanggal 28 Agustus 2021.

Sekretaris Dewan Hakam, Ustaz Sumayadi dalam laporannya menyebutkan, keluar sebagai juara umum adalah Desa Ketangga Jeraen dengan jumlah juara sebanyak 34 orang, dan desa ini terbanyak mengirim kafilah dari 14 desa se-Kecamatan Keruak yang mendaftarkan kafilah minus hanya Desa Batu Putik yang kosong mengirim peserta.

Usai penutupan, sejumlah kafilah yang didominasi anak-anak dan remaja ini membubarkan diri pulang dengan gigit jari. Pasalnya, para juara hanya hadir saat penutupan acara untuk mendengar penyebutan juara tanpa ada hadiah.

Camat mengakui memang nihil hadiah sudah 2 tahun berturut-turut menggelar MTQ tanpa hadiah karena tidak ada anggaran. ‘’Kami memang tidak menyiapkan hadiah karena kami dari Pemcam Keruak tidak ada pos anggaran yang tersedia untuk MTQ. Tapi, lomba ini harus kami laksanakan untuk menyeleksi calon kafilah yang akan diutus untuk mengikuti MTQ tingkat Kabupaten Lombok Timur,’’ kata Camat seraya menambahkan telah berhasil menjaring 38 orang yang akan mengikuti 31 mata lomba tingkat kabupaten.(Kml)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here