Penghuni Lapas Selong Ramai-Ramai Sumbangkan Sebagian ‘’Nyawanya’’

Donor Darah
Suasana kegiatan donor darah yang digelar di Aula Tengah Komplek Lapas Kelas IIB Selong, pada Kamis (21/10/2021) lalu.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Napas kemulyaan terhembus di balik jeruji Lapas Kelas IIB Selong. Melalui tagar berbunyi ‘’Setetes Darah yang Bermakna’’ menjadi motivasi bagi sebagian besar warga binaan, sehingga mereka rela sebagian ‘’nyawanya’’ yang melekat pada darah mereka sumbangkan melalui aksi donor darah.

Dalam rangkaian memperingati Hari Dharma Karyadika Tahun 2021 serta sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan, Lapas Kelas IIB Selong di bawah Kanwil Kemenkumham Provinsi NTB bekerjasama dengan PMI Kabupaten Lombok Timur (Lotim) melaksanakan kegiatan donor darah yang melibatkan petugas dan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Kegiatan yang digelar pada Kamis (21/10/2021) lalu, berlangsung di Aula Tengah Komplek Lapas Kelas IIB Selong dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) yang berlaku. ‘’Aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas sosial Lapas Kelas IIB Selong kepada sesama. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan darah,’’ kata Kepala Lapas Kelas IIB Selong, Purniawal dalam siaran pers yang diterima Lomboktoday.co.id, Sabtu (23/10/2021).

Selain itu, lanjut Purniawal, kegiatan ini juga sebagai wujud pembinaan kepribadian bagi WBP Lapas Kelas IIB Selong agar memiliki rasa sosial kemanusiaan dan untuk membantu PMI Lombok Timur dalam menyediakan stock darah kepada masyarakat yang membutuhkan, terlebih di masa pandemi Covid-19. ‘’Karena sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain,’’ ujarnya.

Menurut tim medis dari PMI Lombok Timur, setidaknya ketika seseorang mendonorkan darahnya kondisi kesehatannya dapat termonitor dengan baik oleh tim medis. ‘’Kegiatan donor darah bisa dilakukan kapan saja selagi kondisi fisik sehat dan memenuhi syarat. Selain bernilai ibadah, donor darah dapat membuat sirkulasi darah menjadi lebih baik dan dapat membuat awet muda,’’ kata petugas PMI Lombok Timur.(Kml)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here