IATC Ditunda Hingga Akhir Pekan, Para Pembalap Akhirnya Hampiri dan Apresiasi Penonton

Para Pembalap
Terlihat para pembalap beserta penyelenggara menghampiri tribune di dekat tikungan 16 dan memberikan apresiasi kepada penonton atas euforianya dalam menyaksikan IATC.

LOMBOK TENGAH, LOMBOKTODAY.CO.ID – Final race Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit ditunda sampai akhir pekan, tepatnya pada 19-21 November 2021, bersamaan dengan ajang World Superbike (WSBK) 2021.

Seluruh pembalap beserta penyelenggara menghampiri tribune di dekat tikungan 16 dan memberikan apresiasi kepada penonton atas euforianya dalam menyaksikan IATC. Selain itu, para pembalap juga membagikan kaos kepada penonton dan seraya menyapa dari kejauhan.

Melalui laman Facebook, Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah mengatakan bahwa penundaan final race IATC disebabkan belum terpenuhinya marshal sesuai dengan standar safety dari Dorna. ‘’Karena marshal kita belum dirasakan siap menurut standar safety dari Dorna. Ada yang terlambat menjawab panggilan, ada yang terlambat angkat bendera dan lain sebagainya,’’ kata Gubernur.

Gubernur menjelaskan bahwa menjadi seorang marshal balapan terlihat sederhana, namun menjadi unsur yang sangat fatal apabila salah dalam implementasinya. ‘’Setiap langkah awal pasti ada kesalahan-kesalahan karena ladang dengan kesalahanlah kita dipaksa belajar dan berubah,’’ ujarnya.

Seperti yang diilansir dari laman website id.motorsport.com, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) memberdayakan warga lokal untuk menjadi marshal yang bertugas selama gelaran balapan, demi membantu meningkatkan ekonomi daerah tersebut. Namun, marshal yang terpilih belum pernah bertugas sebagai marshal untuk event internasional, yang membutuhkan pengetahuan dan pengalaman dalam melakukan pertolongan pertama.

Untuk itu, IMI sebagai induk balap motor di Indonesia bertanggung jawab penuh atas kinerja marshal yang akan bertugas selama gelaran dengan memberikan pelatihan dan pendidikan.

Di lain sisi, para penonton yang datang dari berbagai daerah begitu antusias menyaksikan IATC. Ibu Yet, salah satu penonton yang berasal dari Padang mengaku sangat tidak sabar untuk melihat secara langsung balapan di Sirkuit Mandalika. ‘’Kita ke Lombok rencana untuk touring, tapi ternyata ada IATC dan semakin bahagia karena menjadi rezeki buat kami untuk sekaligus menyaksikan balapan di Sirkuit Mandalika yang baru dirilis bapak Presiden Jokowi,’’ katanya.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here