Mengangkat Tema ‘’Kawin Culik’’, Siswi MAN 1 Lotim Rebut Juara Essai Nasional

Zohriani
Kepala Kanwil Kemenag NTB, H Zaidi Abdad (kiri), Zohriani (tengah), dan Kasi Penmad Kemenag Lotim, Mahyudin (kanan).

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Prestasi tingkat nasional kembali ditorehkan oleh siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN 1) Lombok Timur (Lotim). Kali ini diraih oleh siswi bernama Zohriani. Gadis cantik yang masih duduk di kelas XI IPS itu sukses meraih juara 2 lomba essai 2022 tingkat nasional yang digelar Fakultas Hukum dan Syariah Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UISNU) Jepara, Jawa Tengah.

Dalam lomba essai ini, Zohriani mengangkat judul ‘’Bale Mediasi, Sebagai Upaya Eksistensi Hukum Adat Kawin Culik Suku Sasak’’. Melalui karyanya ini, Zohriani mengambil berlandaskan ‘’Kompilasi Hukum Islam Melalui Gerakan Sayuti (Sasak Youth Festival) Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika’’.

Menurut Kepala MAN 1 Lombok Timur, M Nurul Wathoni, di Selong, pada Senin (6/6/2022) mengungkapkan, atas raihan prestasinya ini, Zohriani sukses memperoleh piala, sertifikat dan uang pembinaan.

Di samping itu, pihak madrasah juga memberikan reward sebagai bentuk apresiasi dan support atas capaian siswi yang selama ini aktif juga di ektrakurikuler KIR MAN 1 Lotim di bawah binaan Bohari Muslim.

Nurul Wathoni menambahkan, capaian prestasi siswa MAN 1 Lotim ini bukan ujuk-ujuk melainkan karena ketekunan para siswa-siswi dalam mengikuti bimbingan ektrakurikuler yang selama ini didukung secara all out oleh pihak madrasah.

Torehan prestasi siswa MAN 1 Lotim sejauh pantauan Kepala MAN 1 Lotim, didominasi oleh siswa yang aktif mengikuti ektrakurikuler baik akademik dan non akademik. ‘’Besar harapan kami agar capaian prestasi ini bisa menjadi motivasi bagi siswa lainnya untuk bisa menoreh prestasi lainnya, tentu dengan keaktifan dalam memanfaatkan peluang yang diberikan pihak madrasah,’’ kata Wathoni.(Kml)

Leave a Reply

Your email address will not be published.