Gubernur Salut SMK Bisa Berpartisipasi dalam Membangkitkan Industrialisasi di NTB

Gub NTB dan Kadis Dikbud NTB
Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah (kanan) dan Kadis Dikbud NTB, H Aidy Furqan (kiri).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah menyampaikan rasa salutnya bahwa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi NTB kini sudah bisa membuat mesin-mesin untuk turut berpartisipasi dalam membangkitkan industrialisasi di daerah ini.

“Saya berkeliling NTB menyaksikan SMK kita berlomba-lomba untuk memberikan hasil karya, inovasi baru, dan SMK kita sudah bisa membuat mesin-mesin untuk kebangkitan industrialisasi kita,” kata Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah saat menghadiri dan memberikan sambutan pada kegiatan “Expose SMK 2022” dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi NTB ke-64 Tahun 2022, di Lombok Epicentrum Mall, pada Kamis (8/12/2022).

Tantangan baru pun kini diberikan oleh Gubernur kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Dinas Perindustrian NTB, Kepala Bidang SMK Dinas Dikbud NTB, serta para guru untuk bisa mencetak lulusan-lulusan terbaik hingga mampu memegang serta memiliki perusahaan, sehingga SMK luar NTB datang untuk belajar ke NTB.

“Jika ini terjadi, maka kita membawa perubahan yang luar biasa di tengah masyarakat kita. Karena bukan hanya seribu bahkan puluhan ribu usahawan baru dihasilkan setiap tahunnya. Kalau semua lulusan SMK bisa jadi pengusaha, maka kita akan menuntaskan kemiskinan, sehingga NTB walaupun provinsi kita kecil, cita-cita kita sangat besar untuk meletakkan dunia dalam genggaman kita,” ujarnya.

Bang Zul, demikian Gubernur NTB ini biasa disapa menyinggung keberadaan NTB Mall, yang juga diharapkan bisa menjadi outlet-outlet output SMK, sehingga produk-produk SMK bisa dilihat oleh masyarakat luas seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia.

Pandemi Covid-19 telah memberikan pelajaran berharga untuk masyarakat NTB dalam terus belajar membangun industrialisasi. Kini provinsi yang kecil ini tidak hanya bisa membuat masker, tiang infus, tetapi rapid antigen, sepeda listrik dan apapun bisa diciptakan di NTB.

“Selamat buat SMK, selamat buat Expo ini adalah langkah awal kita untuk perjalanan ribuan mile di masa yang akan datang. Bangga salut pada SMK,” ucap Bang Zul.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB, H Aidy Furqan menjelaskan bahwa kegiatan ”Expose SMK 2022” ini adalah sebagai wujud untuk menunjukkan bahwa strategi belajar yang sudah dikembangkan dengan BJBL sejak tiga tahun lalu, sebagai upaya untuk mendukung industrialisasi dan mewujudkan visi misi NTB.

“Sebuah langkah berani kami lakukan sehingga anak-anak kita bersaing, sekolah-sekolah kita bisa menunjukkan hasil seperti yang Bapak Gubernur saksikan beberapa tahun terkahir ini. Termasuk hari ini adalah expo yang kita laksanakan di tahun ke-3 dan wujud dari kerja sama kita dengan industri melalui strategi teaching factory yang sudah bapak presentasikan di Jakarta,” kata Kepala Dinas Dikbud NTB, H Aidy Furqan.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 78 SMK Negeri dan 5 SMK Swasta. Sinergi sekolah negeri dan swasta akan menampilkan 53 produk, di antaranya; ada olahan makanan, permesinan, komputer, batik busana, media tanam, bahan kecantikan, elektronika, brosur-brosur travel, kerajinan, jasa, souvenir, olahan bahan makanan ikan, olahan kimia, tanaman serta pupuk.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan MoU bersama NTB Mall sebagai wujud hasil dari teaching factory, sehingga produk-produk SMK nanti akan dipasarkan di sana.

Kegiatan ini diselenggarakan mulai hari ini, Kamis (8/12/2022) hingga Sabtu (10/12/2022). ”Dan pada hari Sabtu (10/12/2022) nanti akan dilaksanakan senam bersama 10 ribu siswa dan guru dengan masing-masing mereka membawa sebiji telur untuk kita sumbangkan kepada anak-anak stunting,” ujarnya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *