Penentuan Pj Bupati, DPRD Lombok Timur Masih Menunggu Opsi Kemendagri

Murnan
Ketua DPRD Lombok Timur, Murnan Harist, S.Pd., MM Inov.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Masa khidmat pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur (HM Sukiman Azmy – H Rumaksi Sj) tersisa empat bulan lagi, tepatnya pada 28 September 2023 mendatang. DPRD Kabupaten Lombok Timur baru akan mulai garap Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur pada bulan Juli 2023 mendatang. Demikian disampaikan Ketua DPRD Lombok Timur, Murnan Harist, S.Pd., MM Inov, pada Selasa (9/5/2023).

“Saat ini memang kita belum proses apa-apa, prosesnya mungkin sekitar bulan Juli nanti. Saat ini beberapa wacana calon nama Pj Bupati Lombok Timur sudah dikantongi para anggota Fraksi di DPRD Lombok Timur,” terang politisi PKS itu.

Murnan Harist membaca-baca kualifikasi bakal calon Pj Bupati Lombok Timur demi terselenggaranya program-program pembangunan untuk 2 tahun ke depan, terhitung dari tahun 2024-2025. Dikarenakan saat ini, daerah sedang mengalami masa transisi. Maka dari itu, sosok yang menduduki Pj Bupati Lombok Timur adalah sosok yang berpengalaman dalam birokrasi. “Paling tidak bisa menjaga keberlangsungan pembangunan secara berkelanjutan,” sebutnya.

Lebih lanjut Murnan menerangkan, DPRD Lombok Timur saat ini masih menunggu kepastian 2 opsi yang ditawarkan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Opsi pertama yakni DPRD menunggu surat resmi kapan akan dimulainya pengusulan Pj Bupati Lombok Timur ini dari Kemendagri, ataukah cukup melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) sendiri.

Menurutnya, skema pemilihan nama yang dilakukan DPRD Lombok Timur akan secara terbuka. “Bisa saja mekanismenya nanti terbuka, karena DPRD Lombok Timur juga bukan keputusan final, masih harus melalui beragam penilaian dengan 3 usulan berbeda dari Gubernur NTB dan Kemendagri,” katanya.

Terlepas dari beragam wacana soal Pj Bupati Lombok Timur, Murnan menegaskan DPRD Lombok Timur saat ini konsen pada sosok pilihan lembaga semata. “Jadi, kalau saya ndak tahu pikiran temen-temen di fraksi, kami hanya akan memutuskan apa yang menjadi usulan mereka nanti di prosesnya. Pun begitu, sebagai pribadi saya juga belum menyatakan pendapat ke fraksi,” tegasnya (Kml)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *