Bupati Sukiman Secara Resmi Tutup MTQ ke-XXVIII

Acara penutupan MTQ ke-XXVIII tingkat Kabupaten Lombok Timur (Lotim), di Ballroom lantai 2 Kantor Bupati Lombok Timur, Jumat (3/5).
Acara penutupan MTQ ke-XXVIII tingkat Kabupaten Lombok Timur (Lotim), di Ballroom lantai 2 Kantor Bupati Lombok Timur, Jumat (3/5).

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy menutup secara resmi Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXVIII tingkat Kabupaten Lombok Timur (Lotim), di Ballroom lantai 2 Kantor Bupati Lombok Timur,  Jumat (3/5).

Acara penutupan MTQ ini juga dihadiri Forkopimda, sekda Lombok Timur, asisten, kepala Bagian Setda, Camat, lurah/kades, toga, toma, hafiz-hafizah dan tamu undangan lainnya.

Dalam MTQ tahun ini, untuk cabang tilawah dewasa putra juara I diraih oleh Ahmad Hariri dan putri diraih oleh Hj Suci Indah Yati.

Selanjutnya untuk cabang tahfiz 1 juz dan tilawah, juara I putra diraih oleh M Faiki Hazri dan juara I putri diraih oleh Zirwatun Na’ma. Berikutnya untuk cabang tafsir bahasa Inggris, juara I putra diraih oleh M Khairul Hafizin dan juara I putri diraih oleh Siti Qoriyatun Hafizin.

Untuk cabang M2IQ putra, juara I diraih oleh L Ahmad Jainudin dan juara I putri diraih oleh Dina Huswatun Hasanah, sedangkan untuk cabang khat dekorasi, juara I putra diraih oleh Martono dan juara I putri diraih oleh Riana. Untuk cabang fahmil qur’an, juara I putra diraih oleh Rozi dan kawan-kawan dari Kecamatan Aikmel. Selanjutnya untuk cabang syahril qur’an juara I putri diraih oleh Nurul Hairiyah dan kawan-kawan dari Kecamatan Labuan Haji.

Dan untuk juara umum pertama diraih oleh Kecamatan Selong,  juara umum kedua diraih oleh Kecamatan Masbagik dan juara umum ketiga diraih oleh Kecamatan Suralaga.

Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmi dalam sambutannya sekaligus menutup MTQ ke-XXVIII menyampaikan permohonan maaf kepada para juara jika nilai hadiah yang diterima sangat terbatas. Hal ini karena keterbatasan anggaran.

Bupati meminta kepada para juara untuk tidak berkecil hati. Meskipun hadiah yang diterima nilainya kecil, namun Sukiman berjanji akan mengupayakan tambahan yang nanti akan diberikan saat acara berbuka puasa bersama yang secara khusus digelar Ramadhan nanti.

Tidak lupa juga Bupati mengucapkan selamat dan apresiasi bagi tiga kecamatan yang mendapat juara umum. Di mana, juara umum I diraih Kecamatan Selong, juara umum II diraih Kecamatan Masbagik dan juara umum III diraih Kecamatan Suralaga.

Dan berharap ke depan gelar juara ini bisa bergulir ke kecamatan yang lain. Untuk itu, kepada para qori’ dan qori’ah terus berjuang meningkatkan kemampuan terutama kemampuan tilawahnya..

Bupati Sukiman menyampaikan penekanan bagi kontingen yang akan mewakili Lombok Timur pada MTQ tingkat Provinsi NTB nanti, agar segera dilakukan Training Centre (TC).

Selain itu, sebagai bentuk apresiasi Bupati kepada para juara dalam mata lomba kaligrafi pada ajang MTQ beberapa hari yang lalu, pihaknya juga akan mengisi kegiatan buka puasa bersama dengan menggelar lelang terbuka kaligrafi khusus bagi karya para juara dengan dibuka mulai harga Rp500.000.

Sebelumnya, panitia penyelenggara dalam laporannya yang disampaikan Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Lombok Timur, H Ahmad A menyampaikan MTQ ke-XXVIII telah berlangsung selama 7 (tujuh) hari dari 27 April- 03 Mei 2019 yang pembukaannya dipusatkan di Desa Tete Batu, Kecamatan Sikur.

Para juara nantinya akan diberikan jasa prestasi yaitu untuk juara I sebesar Rp3.250.000,-, juara II Rp2.500.000,-, juara III Rp2.000.000,-. Sementara juara harapan I Rp1.000.000,-, harapan II Rp750.000,- dan harapan III sebesar Rp500.000,-.

Para juara tersebut akan mewakili Kabupaten Lombok Timur  pada MTQ ke-XXVIII tingkat Provinsi NTB tahun 2019 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Lombok Barat sekitar Oktober 2019 mendatang. Untuk persiapan menghadapi event tersebut, LPTQ Kabupaten Lombok Timur akan melakukan pembinaan dan TC dalam waktu yang tidak terlalu lama.(Kml/Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *