Bupati Sukiman: Jangan Lagi Ada Rakyat MPP

Bupati Lombok Timur, HM Sukiman SaAT MeresmiKan Puskesmas Aikmel Utara, Senin (17/6).

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy mengatakan, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) tahun 2019 ini akan fokus menangani tiga hal. Yakni, pertama infrastruktur, kedua bidang kesehatan, dan ketiga bidang pendidikan.

Bupati Lombok Timur, HM Sukiman kembali menyitir visi dan misi saat menjadi calon bupati dan wakil bupati Lotim pada Pilkada lalu yaitu jalan mulus sepanjang jalan, air mengalir sepanjang tahun dan listrik menyala sepanjang hari.

Lebih jauh Bupati Sukiman mengulas bahwa infrastruktur sekarang ini terfokus di wilayah selatan, timur dan utara. Akan dirancang tahun 2020 dan mulai Agustus-September baru akan dibahas.

Selanjutnya masalah kesehatan, Bupati Sukiman memberikan penekanan tidak ada satupun lagi orang di Lotim yang takut datang ke Puskesmas karena kekurangan biaya. Bupati juga berharap tidak ada lagi orang yang MPP (Mati Pelan-pelan) di rumah karena biaya tidak ada.

Untuk itu, Purnawirawan TNI berpangkat Kolonel ini meminta kepada kepala desa untuk menyisihkan ADD dan DD-nya untuk biaya pengantaran orang sakit.

Sementara di bidang pendidikan, Bupati Sukiman meminta kepada masyarakat untuk mendirikan sekolah satu atap (SD-SMP), supaya anak-anak tidak jauh pergi sekolah.

‘’Ini upaya kita agar mengurangi tingkat putus sekolah, pengangguran dan kriminalitas. Tidak kaya, tidak miskin kebutuhan pendidikan, kesehatan, infrastruktur ini adalah kebutuhan mendasar kita,’’ kata Bupati Lombok Timur, HM Sukiman pada acara peresmian Puskesmas Aikmel Utara, Senin (17/6).

Sementara sebelumnya, Plt Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur, dr H Hasbi Santoso dalam laporannya menyampaikan, pembangunan Puskesmas Aikmel Utara ini menelan biaya Rp1,8 miliar yang bersumber dari pembagian cukai tembakau.

Hasbi juga menyampaikan, Lombok Timur masih akan membangun 40 Puskesmas di Lombok Timur. Sedangkan Puskesmas Plus Induk di Aikmel dan Puskesmas Plus yang di Keruak, kata Hasbi, keduanya akan dirubah menjadi Rumah Sakit tipe D. Dengan demikian, Lombok Timur akan memiliki 3 rumah sakit baru yakni sudah ada satu rumah sakit tipe C di Labuhan Haji serta rencana 2 Puskesmas Plus yang akan menjadi RS tipe D.

Setelah meresmikan pembangunan Puskesmas Aikmel Utara, Bupati Sukiman didampingi Direktur RSUD R Soedjono Selong dan kepala OPD terkait melakukan peninjauan bangunan Puskesmas.(Kml)

Kirim Komentar

Leave a Reply