Rokhmin Dahuri Beri Pelajaran kepada Pemkab Lombok Timur

209
Rokhmin Dahuri mengenakan Kostum adat Sasak saat memberikan kuliah umum di hadapan jajaran Pemkab Lotim.
Rokhmin Dahuri mengenakan kostum Adat Sasak saat memberikan kuliah umum di hadapan jajaran Pemkab Lotim.

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Hari kedua berada di Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Koordinator/Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Daya Saing SDM, Inovasi Teknologi dan Riset, Rokhmin Dahuri memberikan pelajaran kepada jajaran Pemkab Lotim melalui kuliah umum, pada Kamis (3/12).

Kuliah umum itu bertema pembangunan kelautan dan perikanan untuk meningkatkan daya saing, pertumbuhan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan menuju Kabupaten Lombok Timur yang maju, sejahtera, mandiri, dan diberkahi Allah SWT. Rohmin merekomendasikan roadmap (peta jalan) pembangunan di Kabupaten Lombok Timur. Setelah memetakkan potensi dan permasalahan yang dihadapi Kabupaten Lombok Timur, mantan Menteri KKP era Presiden Megawati itu menyarankan pendekatan sistem untuk sektor ekonomi, sosial budaya, Polhukam, hingga lingkungan.

Polotisi yang pernah bertengger di partai besutan Almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gusdur) itu mengungkapkan, komponen dan strategi yang perlu dilakukan melibatkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), pembangunan ekonomi dan kawasan industri, infrastruktur dan konektivitas, SDM, pemerintah dan kebijakan politik ekonomi, serta pengelolaan lingkungan. Rokhmin melakukan kunjungan kerja tiga hari di Kabupaten Lombok Timur adalah dalam upaya membantu menularkan konsep pembangunan, upaya sinergi untuk menarik dana pusat, dan upaya mendatangkan investor ke daerah. Ia optimis Kabupaten Lombok Timur akan mencapai kemajuan, kesejahteraan dan kemandirian di masa mendatang dengan menerapkan strategi pembangunan kelautan dan perikanan yang tepat mengingat potensi tersebut belum digarap secara optimal.

Sementara itu, Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy meminta seluruh pimpinan OPD Kabupaten Lombok Timur untuk menelaah kembali program dan kegiatan yang telah disusun masing-masing untuk optimalisasi pembangunan di daerah ini. Hal tersebut terkait materi kuliah yang diberikan Rokhmin Dakhuri. Bupati juga berharap semua dapat disinergikan, baik APBN, APBD Provinsi NTB, hingga APBD Kabupaten Lombok Timur dalam upaya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bupati juga mengingatkan agar lelang untuk kegiatan tahun 2021 dapat dilakukan segera sehingga awal tahun 2021 dapat langsung dilaksanakan. Selaku Kepala Daerah, Sukiman menyampaikan akan melakukan evaluasi pelaksanaan APBD 2020 dan berterima kasih kepada OPD yang serapan APBD-nya telah mencapai minimal 90 persen. Diharapkan OPD yang belum dapat memaksimalkan serapannya pada akhir tahun. Sebagai penutup kata, Bupati Sukiman menyampaikan terima kasih kepada Rokhmin Dahuri atas pokok-pokok pikiran dan gagasannya untuk kemajuan Kabupaten Lombok Timur.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here