Rakyat Lombok Timur Diajak Beralih ke Sorghum

Sosialisasi Sorghum
Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy (baju pink tengah) saat sosialisasi Sorghum.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Dari beberapa literasi dijelaskan, Cantel atau Gandrung atau umumnya dikenal sebagai Sorghum, adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, bahan baku industri. Di Amerika atau Eropa biasa jadi pakan ternak. Sorghum Bicolar (istilah latin) ini berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai.

Bahan makanan yang biasa disebut Leleng (Bahasa Sasak) ini bisa menjadi makanan alternatif pengganti beras. Karenanya, Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Sukiman Azmy meminta Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Lotim mensoalisasikan Sorghum sebagai pengganti nasi. Tidak hanya Dinas Ketahanan Pangan (DKP), OPD lainnya juga diharapkan bersinergi menyukseskan budidaya tanaman tersebut.  

‘’Tahun 2022 mendatang, pemerintah akan memfasilitasi Dinas Pertanian. Kita akan bersinergi dan melakukan apa yang kita bisa sesuai dengan kemampuan,’’ kata Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy pada acara Sosialisasi Budidaya Tanaman Sorghum, di Ponpes TGH Fadil Tohir Bodak, Dasan Geres-Borok Lelet, Desa Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik, pada Kamis (14/10/2021).

Bupati Sukiman juga mengajak masyarakat setempat mendukung pengembangan dan budidaya Sorghum sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ‘’Mari dukung program pemerintah ini, kita bersama-sama ikhtiarkan dengan tekad yang kuat, semangat membara dan kinerja faktual yang dapat kita laksanakan,’’ ujarnya.

Hadir pada acara tersebut sejumlah pimpinan OPD terkait seperti Dinas Pertanian, Dinas Pariwisata, Dinas Peternakan, Dinas Lingkungan Hidup (LHK) beserta jajarannya, Camat, Kades, dan masyarakat setempat.(Kml)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here