Gubernur Minta Olahraga Petanque Harus Gunakan Bola Lokal NTB

Petanque
Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah saat memberikan sambutan pada acara pelantikan dan pengukuhan pengurus Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Provinsi NTB masa bakti 2021-2025, di Hotel Jayakarta Senggigi, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Kamis (3/2/2022).

LOMBOK BARAT, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah menyambut baik olahraga Petanque di Provinsi NTB. Akan tetapi untuk sosialisasi dan event di NTB, Gubernur meminta agar bola yang digunakan pada olahraga Petanque menggunakan bola lokal NTB.

‘’Saya menyambut baik olahraga petanque di NTB, tetapi untuk sosialisasi dan event-event di NTB harus menggunakan bola buatan lokal NTB,’’ kata Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah pada acara pelantikan dan pengukuhan pengurus Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Provinsi NTB masa bakti 2021-2025, di Hotel Jayakarta Senggigi, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Kamis (3/2/2022).

Tak lupa Gubernur mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus yang baru, mudah-mudahan sesuai harapan dan mampu membuat olahraga Petanque di NTB banyak digemari dari segala kalangan.

Diakui Gubernur, olahraga Petanque memang olahraga yang eksklusif di Negara Eropa bisa dilakukan di mana saja. Namun selama ini, Gubernur tidak mau mensosialisasikannya kepada masyarakat karena bolanya harus diimpor dari luar negeri.

Karena itu, ini menjadi tantangan bagi kepemimpinan Ketua Umum FOPI NTB, H Ridwan Syah untuk bisa menggunakan bola produk lokal NTB. ‘’Saya yakin di bawah kepemimpinan Pak Ridwan mampu diwujudkan bola Petanque bisa dibuat di NTB,’’ harapnya.

Selain itu, sebut Bang Zul, demikian Gubernur NTB ini biasa disapa, tidak masalah dengan minimnya prestasi olahraga Petanque, tetapi yang paling penting adalah bolanya dari lokal NTB, sebagai bentuk wujud implementasi bela dan beli produk lokal asli NTB.

Sementara itu, Ketua Pengurus FOPI Provinsi NTB, H Ridwan Syah menyampaikan ini momentum yang sangat penting karena langsung disaksikan oleh Gubernur NTB. Sehingga ini menjadi amanah dan kehormatan di bawah kepemimpinannya melaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Disebutkan Ridwan Syah, olahraga Petanque memang olahraga yang relatif baru dibentuk sejak tahun 2017, dan dalam 4 tahun belakangan ini mampu membuat pengurus kabupaten/kota se-NTB. Di samping itu, sudah mengikuti berbagai event baik regional maupun nasional.

‘’Saya yakin dengan semangat kebersamaan kita, mampu membesarkan olahraga Petanque ini membawa cabang olahraga bisa mengharumkan nama Nusa Tenggara Barat di tingkat nasional maupun internasional,’’ katanya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Dikbud NTB, para pengurus FOPI kabupate/kota se-NTB.(Sid)