Pola Pengembangan Dewi dan BUMDes di Lombok Timur Dikaji Daerah Lain

Bupati Sukiman Terima Rombongan dari Kotawaringin Barat
Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Sukiman Azmy saat menerima Bupati Kotawaringin Barat, Hj Nurhidayah bersama rombongan di Desa Wisata Tetebatu, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, pada Senin (28/3/2022).

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Model pengembangan desa wisata (Dewi) dan pengelolaan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) sebagai salah satu sumber peningkatan pendapatan asli desa (PADes) di Lombok Timur mendapat perhatian dari kabupaten lain di Indonesia. Salah satunya adalah Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Bupati, Ketua DPRD, sejumlah pimpinan OPD, kepala desa dan perangkat desa, lurah serta camat, diboyong untuk melakukan kaji tiru dan bimbingan teknis (bimtek) di Desa Tetebatu, Kecamatan Sikur, untuk sama-sama menerima rombongan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat yang berkunjung pada Senin (28/3/2022).

Didampingi sejumlah kepala OPD dan beberapa Kades di antaranya Kades Loyok, Jeruk Manis, dan Kembang Kuning, Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Sukiman Azmy kepada Bupati Kotawaringin Barat, Hj Nurhidayah diperkenalkan potensi desa. Bupati Sukiman berharap kunjungan dan kegiatan di Lombok Timur ini dapat bermanfaat bagi kedua daerah, baik Lombok Timur maupun Kotawaringin Barat.

Harapan sama juga disampaikan Bupati Kotawaringin Barat, Hj Nurhidayah. Ia berharap agar kegiatan ini menjadi ajang saling bertukar informasi, ide, dan pengalaman untuk kemajuan bersama. Pertukaran tersebut tidak hanya melalui diskusi di lokasi penerimaan, melainkan juga langsung di lapangan.

Tidak hanya Kotawaringin Barat yang diterima Bupati Sukiman untuk melihat pengembangan desa wisata. Pada hari yang sama, Bupati Sukiman juga menerima kunjungan Bupati dan rombongan Pemerintah Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), di Desa Kembang Kuning. Rombongan dari Kabupaten Katingan bahkan menginap di Kembang Kuning hingga 31 Maret mendatang.(Kml)

Leave a Reply

Your email address will not be published.