Ini Empat Pesan Bupati Sukiman Azmy Menyambut Ramadhan 1444 Hijriyah

Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy
Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.IDBupati Lombok Tkmur (Lotim), HM Sukiman Azmy menguraikan empat poin yang perlu diamalkan saat bulan Ramadhan. Pertama, Bupati Sukiman mengingatkan tentang salat. ebagai tiang agama, salat harus dilaksanakan tepat waktu. Bupati Sukiman pun meminta masyarakat dapat mengisi masjid-masjid untuk melaksanakan salat secara berjamaah.

Namun, Ustadz alumni Muallimin NW Pancor itu menyayangkan lebih dari seribu masjid di Lombok Timur yang tidak dimakmurkan. “Apa gunanya Lombok Timur memiliki ribuan masjid jika masyarakatnya saja enggan memakmurkan rumah ibadah tersebut?,” kata Bupati Sukiman dengan nada kecewa saat mengisi taushiyah pada pengajian menyambut bulan suci Ramadhan, pada Kamis (16/3/2023), di Masjid Azzahro` Bilasundung, Fesa Paok Motong, Kecamatan Masbagik.

Lebih jauh Bupati Sukiman menguraikan, bersadaqah adalah hal berikutnya yang harus diamalkan. “Perbanyaklah sadaqah seperti memberi makan kepada orang berbuka puasa,” demikian Bupati Sukiman mengingatkan sembari berbagi pengalaman saat mengunjungi Makkah dan Madinah yang disebutnya banyak dermawan.

Menurutnya, jika saja di tanah air sadaqah dan tolong-menolong diterapkan, maka tidak ada orang sengsara dan miskin. Bupati Sukiman menilai, kegemaran warga Makkah dan Madinah bersadaqah lah yang mendatangkan keberkahan bagi masyarakat dan kotanya.

Amalan yang harus diperbanyak ketika Ramadhan lainnya adalah berdoa di setiap kesempatan sesuai tuntunan. Terakhir, pesan Bupati Sukiman kepada jamaah adalah memperbanyak membaca ayat suci Al-Quran. Dengan memperbanyak amalan-amalan tersebut diharapkan puasa menjadi berkah. “Renungkan keempat hal tersebut dan diamalkan pada saat bulan Ramadhan, agar puasa kita menjadi puasa yang gemuk,” katanya.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lombok Timur, TGH Ishaq Abdul Gani mengingatkan agar masyarakat berbahagia menyambut bulan suci Ramadhan mengingat banyaknya keberkahan di bulan tersebut. “Ramadhan bulan kasih sayang, saling memberi, saling mengunjungi dan saling bermurah-murah,” katanya.

Sama seperti Bupati Sukiman, TGH Ishaq Abdul Gani juga berpesan agar masyarakat mau bersadaqah dengan memberikan makan kepada orang yang berbuka puasa. Sebab, jika hal demikian dilakukan, maka Allah SWT akan mengampuni dosa dan membebaskannya dari api neraka.(Kml)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *