Bupati Lotim: Butuh Keterampilan Penyelamatan di Air

Pelatihan SAR
Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy (dua dari kanan) saat memberikan sambutan pada acara pembukaan pelatihan potensi pencarian dan pertolongan (SAR) "Teknis Pertolongan di Permukaan Air", di Kantor Bupati Lotim, Senin (22/5/2023).

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Wilayah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) memiliki banyak destinasi wisata air, berupa air terjun, sungai, danau, dan pantai/laut. Wisata tersebut terletak di daerah Sembalun, Sambelia, Pringgabaya, Labuhan Haji, Sakra Timur, Keruak, Jerowaru, dan lokasi lainnya.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Sukiman Azmy dalam sambutannya saat membuka pelatihan potensi pencarian dan pertolongan (SAR) “Teknis Pertolongan di Permukaan Air”, di Kantor Bupati Lombok Timur, pada Senin (22/5/2023). “Kita butuh keterampilan untuk melaksanakan aktivitas penyelamatan di air,” kata Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy.

Bupati Sukiman menjelaskan, bahwa pelatihan itu prinsipnya bertahap, bertingkat, dan berlanjut, sehingga kemampuan terpelihara. Oleh karena itu, keterampilan yang akan diajarkan akan menumbuhkan keberanian dalam melakukan pertolongan karena mengetahui cara/tekniknya. “Kemampuan itu mutlak dimiliki oleh orang-orang yang bertugas di bidang penyelamatan,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Pencarian dan Pertolongan BASARNAS, Anggit Mulyo Satoto. Dalam sambutan Anggit Mulyo Satoto yang dibacakan oleh Hari Adi Purnomo selaku Staf Direktorat Operasi Pencarian dan Pertolongan BASARNAS mengatakan bahwa pelatihan yang digelar oleh Kantor SAR Mataram ini sebagai upaya untuk melaksanakan norma, standar, prosedur, dan kriteria, serta kebijakan kepada potensi SAR dalam mensinergikan pelaksanaan operasi SAR, guna menciptakan pelayanan SAR yang cepat tanggap, efektif, dan efisien dalam menyelamatkan jiwa manusia.

“Dengan berdasarkan core value Ber-AKHLAK yaitu berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif,” kata Hari.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Kapolres Lombok Timur, Dandim 1615/Lombok Timur, Kalak BPBD Lombok Timur, Kepala KUPP Labuhan Lombok, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Lombok Timur, Camat Labuhan Haji, Kepala Desa Labuhan Haji, Dan Pos AL, Ketua SAR Unit Lombok Timur.

Kegiatan pelatihan potensi pencarian dan pertolongan (SAR) “Teknis Pertolongan di Permukaan Air” ini dilaksanakan selama 6 (enam) hari, sejak tanggal 22 sampai 27 Mei 2023 dan diikuti oleh 50 orang peserta dari berbagai instansi dan organisasi masyarakat.(smr/Kml)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *