Catatan Safari Ramadhan Kepala Kemenag Lotim di YPP Al-Amin NW Sepit

Safari Ramadhan
Kepala Kemenag Lotim, H Sirojuddin saat memberikan sambutan pada acara Safari Ramadhan di YPP Al-Amin NW Sepit.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur (Kemenag Lotim), H Sirojuddin bersama seluruh kepala seksi dan dharma wanita unit Kemenag Lotim melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan ke beberapa Pondok Pesantren (Ponpes) di wilayah Lotim.

Pada putaran ketiga hari Kamis (14/4/2022), rombongan menggelar Safari Ramadhan di Yayasan Pondok Pesantren Al-Amin NW Sepit, Kecamatan Keruak. Rombongan disambut sejumlah pimpinan yayasan setempat bersama seluruh asyatiz dan asyatizah, juga sekitar dua ratusan siswa tingkat MTs dan MA.

Ketua YPP Al-Amin NW Sepit, Lalu M Kamil Abubakar dalam kata penerimaannya melaporkan perkembangan penyelenggaraan pendidikan di lembaga yang mengelola pendidikan formal tingkat MTs dan MA serta pendidikan pesantren.

Pria yang akrab disapa Mamiq Kamil itu memaparkan, untuk TP 2021/2022 mendidik siswa tingkat MTs sebanyak 153 dengan 34 pendidik dan TU kualifikasi akreditasi A. Sedangkan tingkat MA tahun ini mendidik 108 siswa dengan tenaga pengajar dan TU sebanyak 28 otang kualifikasi akreditasi B.

Mamiq Kamil juga mengulas program pesantren dengan mengembangan pola tahassus yang diisi dengan Amsilati, pengembangan bahasa Arab dan bahasa Inggris serta pendalaman bahasa Sasak halus. Di samping itu juga diselenggarakan program Tahfiz.

Untuk program pendalaman bahasa Sasak halus menurutnya bertujuan agar generasi Susu Sasak mengenal jati dirinya sebagai orang Sasak sebagai kearifan lokal yang menjunjung tinggi moral, budaya dan adat-istiadat. Dia mengkhawatirkan kearifan lokal Suku Sasak akan tenggelam jika tidak terus menerus diperkenalkan kepada anak cucu Suku Sasak.

Karenanya, atas nama pimpinan YPP Al-Amin NW Sepit, Lalu M Kamil Abubakar menyampaikan rasa terima kasih dan bangga kepada pihak Kemenag Lotim yang telah berkesempatan memilih YPP Al-Amin NW Sepit sebagai lokasi Safari Ramadhan untuk Kecamatan Keruak tahun ini. ”Kami merasa syukur, bangga dan harus atas kunjungan Kepala Kemenag Lotim bersama rombongan,” kata Kamil.

Sementara itu, Kepala Kemenag Lotim, H Sirojuddin dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur bahwa pihaknya memiliki kesempatan berkunjung ke sejumlah Ponpes di wilayah Lotim melalui program Safari Ramadhan tahun ini meskipun belum semua lembaga Ponpes yang ada dapat dikunjunginya.

H Sirojuddin juga menyampaikan apresiasi terhadap program yang diterapkan oleh Ponpes Al-Amin NW Sepit. Selain program-program keagamaan, dia menggaris bawahi adanya program pendalaman bahasa Sasak halus untuk para santri. ”Ini menjadi sangat penting agar generasi kita tidak asing dengan budaya dan kearifan lokal Suku Sasak,” kata Sirojuddin.

Orang nomor satu di jajaran Kemenag Lotim itu juga berpesan agar program seperti ini terus dipupuk dan dikembangkan agar semakin tumbuh generasi yang Islami, sehingga daerah ini semakin subur nuansa religius. ”Tantangan hidup ke depan akan semakin berat dan kehidupan beragama bisa saja luntur jika tidak membekali anak-anak kita dengan pendidikan agama yang kuat,” pesannya.

Kepala Kemenag Lotim menutup sambutan dengan memperkenalkan satu persatu jajarannya sekaligus menyerahkan bantuan sumbangan kepada pihak YPP Al-Amin NW Sepit berupa puluhan Al-Quran, takjil untuk para santri serta sejumlah uang pembinaan.(Kml)

Response (1)

  1. Kita merasa Mel Bao jika Pemerintah dalam hal ini Kemenag mengunjungi atau nyambang santri,terima kasih Kemenag Lotim atas Kunjungan dan sambang santrinya

Leave a Reply

Your email address will not be published.