Wagub NTB Ancam Akan Tegur Sekda Lombok Timur, Ternyata Ini Masalahnya

Sampah dan Wagub NTB
Terlihat sampah berserakan di pinggir jalan (foto kiri). Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah (foto kana).

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (Wagub NTB), Hj Sitti Rohmi Djalillah menyampaikan kuliah umum bagi ratusan siswa SMA Terbuka Lombok Timur yang dipusatkan di SMAN 1 Sakra Timur, pada Sabtu (4/2/2023).

Banyak hal yang disampaikan Ibu Wagub yang akrab disapa Ummi Rohmi itu terkait pembinaan mental generasi muda agar menjadi orang yang memiliki tanggung jawab moral pada diri sendiri, keluarga maupun masyarakat luas.

Salah satu yang ditekankan Ummi Rohmi yang juga Rektor Universitas Hamzanwadi ini adalah menumbuhkan kesadaran para pemuda akan pentingnya peduli lingkungan menyangkut memeliharan kebersihan lingkungan baik di rumah, di sekolah terlebih di lingkungan pemukiman yang lebih luas.

“Saya harapkan kepada para pemuda remaja, jangan gengsi membersihkan sampah di sekitar kita,” pesan Ummi Rohmi.

Namun demikian, mantan Ketua DPW Partai Nasdem NTB ini menyoroti persoalan sampah yang masih dilihatnya berserakan di pinggiran jalan sepanjang jalur menuju wilayah Sakra Timur. Salah satu desa di wilayah Sakra Timur yang disoroti ibu Wagub NTB, yakni di Desa Montong Tangi. Ummi Rohmi mengaku melihat tumpukan sampah di pinggir jalan di desa tersebut.

“Tadi dalam perjalanan saat melewati Desa Montong Tangi, saya melihat sampah di mana-mana berserakan di pinggir jalan. Masak Pemerintah Desa (Pemdes)-nya harus membuat penampungan sampah di pinggir jalan. Kalau begitu akan saya tegur Sekda Lombok Timur,” ancam orang nomor dua di NTB ini.

Kendati demikian, cucu pertama pendiri NW dan NWDI itu sejauh penyampaiannya tidak terdengar menguraikan alasan rasionalnya mengapa masalah sampah di desa-desa sehingga harus Sekda yang akan ditegurnya.(Kml)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *